Tips jalan-jalan di Makassar

Makassar buat saya adalah daerah yang sungguh berkesan dan melekat dalam memori ingatan saya. Pertama kali ke sana tahun 2009 untuk survey kegiatan Hubla. dan ketika diminta untuk mengurus grup jalan-jalan ke Makassar, woow! sungguh ingin pergi ke sana lagi!

Tahun 2009 saya menginap di Pantai Gapura Hotel Makassar. kamar yang dipilih adalah cottage dengan balkon yang langsung menyentuh laut...dengan pemandangan kapal-kapal besar. indah sekali!
Tahun 2014 ini, sebetulnya sangat ingin membawa group untuk menginap di hotel Pantai Gapura Makassar. sayangnya harganya yang sangat tinggi membuat saya menjadi patah hati.
Sebetulnya saya mendapat harga agent dari Swiss Bell Hotel - Panakkukang. Swiss Bell Panakkukang Makassar ini adalah hotel bintang 3 yang menyatu dengan mall. Tentunya para tamu akan dimanjakan dengan kemudahan berbelanja dan mencari makanan.

Hotel Aston di mana pun berada, sudah pasti harga kamarnya mahal. Namun Aston Makassar ini memiliki magnet yang membuat saya ingin sekali merasakan kamarnya yang luas dan menikmati kolam renangnya di top floor, exciting!

Saya mendapat harga agent dari bang Jacobus alias bang Yappy (Sales Manager). Orangnya sangat baik dan cooperatif, bisa dikontak ke emailnya: sm2@astonmakassar.com. dan minggu depan peserta akan berangkat ke Makassar dengan menggunakan Batik Air jam 05.55 pagi.
Dari Bekasi akan berangkat sekitar jam 3 pagi agar bisa tiba di Bandara Soekarno Hatta jam 4 pagi.

kalo waktu jalan-jalan hanya 3 hari 2 malam, lebih baik jalan jalan di dalam Kota Makassar saja. Tapi kalo ingin mengunjungi Tana Toraja (disingkat Tator) dan menggunakan jalur darat...maka 2 malam mu akan berada di dalam bus, dan 1 hari full jalan-jalan di Tana Toraja. Why? perjalanan Makassar - Tana Toraja membutuhkan waktu 8 - 9 jam. dan rute perjalanannya sungguh berkelok, tanjakan - turunan yang sungguh bikin remuk tulang.

but...Tana Toraja is the best! harus mampir kesana yaahh....

---

oya, aku kan mau kasih tips jalan-jalan di Makassar kan yah....ok ok, saya akan fokus di tips nya yahh..

1. Kalo peserta group berjumlah 26 - 30 orang, jangan dipaksa hanya sewa 1 bus! karena bakal kayak ikan pepes yang sempit dengan tempat duduk yang full plus dengan tas tas plus koper. Alangkah lebih nyaman jika menambah 1 elf (kapasitas 8 - 10 orang) juga. oya, di Makassar tidak ada bus pariwisata besar...kalau pun ada, sewa 2 hari nya mencapai 5 - 7 juta! (Bus Eksekutif umum yang dipaksa jadi bus pariwisata, makanya jd mahal)

2. kalo udah terlanjur menginap di Makassar, jangan maksain untuk PP Makassar - Tana Toraja yaaa...dijamin gak ada satu PO bus yang mau! meskipun udah merayu untuk minta 2 sopir, gak akan di kasih.

3. Kalo punya uang lebih dan pny waktu singkat di Makassar, lebih baik memilih pesawat Makassar - Tana Toraja. Sayangnya hanya 1x dalam seminggu, cuman ada di hari Kamis jam 7.30 pagi.  jam 6.30 wajib tiba di bandara agar gak ketinggalan pesawat. tiket pesawat Perintis hanya 225 ribu. kenapa murah?? karena mendapat subsidi dari pemerintah. perjalanan Makassar - Tana Toraja selama 55 menit.

4. Beberapa tempat wisata seperti Fort Rotterdam,  Museum, Somba Opu, Bantimurung, pantai Losari adalah daerah daerah yang wajib dikunjungi. Pulau Samalona? hum...be think again, karena disana gak ada apa2nya. Trans Studio? kalo bawa anak kecil...mending di bawa ke Trans ya ...biar gak penasaran :)

5. Coto Makassar, sop Conro dan beberapa makanan khas Makassar yang wajib diicip. mahal? jelas! tapi its worth dengan harganya.

6. Tour Guide di Makassar? bisa kontak Ian Badewi di
+62 812 4230 680/+62 811 102121
http://www.sulawesiadventure.com

7. kalo gak pake tour guide dan kesasar, pake GPS aja yaahh...alias Gunakan Penduduk Sekitar. warga Makassar cukup ramah. apalagi kalo menginapnya di Aston...aksesnya mudah dan dekat dengan pantai Losari.

Comments

  1. Wuih..kayanya bakalan asyiik nih jalan2 di makasar..kalo bisa nanti jangan terlalu fokus ke tempat perbelanjaan ya, tp boleh sesekali untuk oleh2..karena kita ke makasar selain bertamu juga ingin melihat kondisi alam yg indah disana...
    Terima kasih sebelumnya atas bantuan tour guide ke makasar..

    Nanti ikut juga kan kesananya ??

    ReplyDelete
  2. Iya...sayangnya mas Ganjar harus pulang duluan yah. turut belasungkawa ya mas, semoga arwahNya diterima disisiNya. amin.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts