10 Tips hemat jalan-jalan di Singapore (bukan ala backpacker)

Kayaknya semua traveler sangat ingin menyentuh tanah Singapore meskipun hanya satu kali seumur hidup - meskipun hanya transit bahkan meskipun hanya 1 malam. Tiket PP Singapore sangatlah murah, walaupun akomodasi di Singapore sangatlah mahal.

Kalo ala backpacker kan bener-bener nyari penginapan backpacker atau tinggal di apartemen Singapore yang sempiitt dan sederhanaa banget! bahkan kalo ala backpacker, nginep di mesjid biar bisa hemat. nah, kalo 10 tips ini masih dibilang hemat, tapi gak kayak traveler ngirit. yukk ah dibaca tips nya :)

1. Check on web Cheap Flight.  Rajin cek website pesawat yang menjual tiket - tiket murah Jakarta - Singapore, seperti Lion Air, Tiger Airways, Jet Star, Air Asia. untuk saya pribadi, Saya suka membuka Tiger Airways karena Tiger memiliki promo buy 1 get 1 dengan menggunakan kartu Citibank. selain itu, Tiger Airways memiliki promo: Tiket Murah di hari Kamis.
Oya, kalo kamu gak punya kartu kredit Citibank, bisa minta tolong belikan ke temenmu yang punya kartu kredit Citibank, harganya lumayan signifikan murahnya loh...:)

2. Time. Jangan membeli tiket pesawat Jakarta - Singapore di saat week end, udah pasti harganya mahal!. lebih baik membeli tiket pesawat Jakarta - Singapore di hari biasa agar harganya lebih murah. Selain itu, hindari berangkat ke Singapore di tanggal-tanggal merah,  yang udah pasti tiket pesawat pun akan mahal. Biasanya low season di bulan Februari - Mei dan saat bulan puasa.

3. Pilih hotel yang dekat dengan MRT. Kalo saya, lebih memilih menginap di daerah Bencoolen. selain murah, cari wifi yg kenceng, lmyn hemat..bisa bbm man dan telepon gratis via bbm.

4. Saat tiba di Bandara Changi, ke Terminal 2 ya untuk beli Singapore Tourist Pass Plus (STP+). dengan kartu ini, bisa gratis naik MRT dan LRT.
Harga STP untuk One Day Tour Singapore : 20 SGD
2 Day pass : 26 SGD
3 Day Pass : 30 SGD

Dengan kartu STP ini, bisa keliling Singapore dengan MRT. udah nyaman banget. bahkan saat di lapangan parkir sebelah tempat Obyek Wisata Singapore Flyer, bisa gratis keliling Singapore naik FunVee...nya warnanya orange.

5. Meals. Hotel-hotel budget di Singapore biasanya gak dapat sarapan. Nah, kalo di nginep di daerah Bencoolen, ada Food Court Kopitiam yang harganya lumayan murah dengan makanan enak. bukanya 24 jam lagi! bisa sarapan disitu. kalo suka yang simple, yeah beli roti ajahh di 7Eleven untuk sarapan :). 7Eleven ada dimana2..mudah ditemukan di dalam koridor MRT.
oya, kalo mau makan di chinatown, untuk porsi makanmu yang gak terlalu gede, sepiring bisa berdua loh...karena rata2 di foodcourt disana, mangkoknya segede gaban....sampe bingung ngabisinnya saking porsi besar :)

6. Botol Minuman. Air Minum di Singapore lumayan mahal, harganya hampir sama dengan harga minuman teh botol. saran saya, lebih baik bawa botol kecil dari Indonesia (bukan botol Aqua yaa...) agar bisa diisi di bandara changi dan tempat2 publik yang bisa minum air mineral gratis. nah, botolnya bisa diisi deh...lumayan hemat :)

7. Kalo mau ke wahana tertentu, saran saya...lebih baik beli ke travel di Jakarta, lebih murah ketimbang beli langsung di tempatnya. Tapi tetep cek lagi yaahhh...coba cari-cari info di google :). Untuk yang pertama kali ke Singapore dan ingin melihat Singapore on the top...bisa cobain wahana Singapore Flyer. harga per tiketnya 33 SGD. hati-hati dengan modus foto...trus nanti kita disuruh milih....karena itu jebakan batman alias diluar harga tiket. harga fotonya lumayan mahaaallll...:)

8. Kalo mau beli oleh-oleh, bisa beli oleh-oleh di Chinatown dengan harga yang cukup murah. kalo untuk cokelat, lebih baik beli di bandara saja, ada beberapa tempat yang ngasih diskon :).

9. MRT! nah ini nih yang penting. sebelum naik MRT, pelajari dulu peta / rute MRT nya yaahh, jangan sampe kesasar. baca rambu-rambu yang ada di station MRT nya. di Bandara Changi ada brosur-brosur tour singapore dan peta MRT yang bisa diambil gratis. kalo kesasar, gak usah panik...tinggal pelajari rutenya lagi dan balik lagi.

10. Ikhlas. nah, ini nih yang penting. kalo kesasar...panas-panas...gak bisa minum n makan di MRT, just enjoy the ride. yang ikhlas yaahhh...jangan marah-marah n nyalahin partner/pasangan. harus legowo dan dinikmati perjalanannya.

Have a nice trip to Singapore :)



Comments

Popular Posts