Makanan wajib disaat hamil



 Alpukat dan Apel merupakan buah wajib yang dimakan setiap hari oleh saya sejak 1,5 bulan terakhir ini. lebih tepatnya, ketika usia kandungan menginjak 6 bulan. lebih tepatnya lagi, ketika badan mulai terasa tidak enak (sering sakit badan), sering mengeluh pusing dan tulang-tulan terasa linu.

Saat itulah saya mulai hunting membeli alpukat dan apel sebagai sumber alami untuk janin yang ada dalam tubuh ini. Sejak awal hamil memang tidak pernah mengkonsumsi obat/vitamin tambahan yang diresepkan oleh dokter. eittss, ini bukan "keminter" loh. Pernah sekali minum obat/vitamin itu, lantas muntah. setelah itu saya putuskan untuk tidak meminum obat suplemen.

Sebelum mengkonsumsi alpukat dan apel setiap hari, tentunya saya melakukan survey terlebih dahulu dengan menggali data buah apa saja yang tepat untuk ibu hamil. Setelah googling, dua buah inilah yang cocok bagi saya, apalagi kini alpukat begitu mudah didapat di toko buah.

Alpukat memiliki kandungan Asam Folat yang paling tinggi dibanding buah-buah lainya. Selain itu, alpukat memiliki kandungan vitamin K, E dan A yang baik untuk mempertajam pandangan mata. Harapan mengkonsumsi alpukat ini adalah biar bayi yang dikandung memiliki pandangan mata yang baik, kulit yang halus dan lembut serta sempurna.

Kenapa Apel?
Nah, kalo apel...ini sengaja saya konsumsi setiap hari biar perut terasa kenyang. kandungan serat yang tinggi di dalam apel bisa menekan keinginan ngemil roti, kacang-kacangan, es krim, dan sejenisnya. Apel bisa saya konsumsi 2 buah dalam 1 hari. sore hari dan malam sebelum tidur. Apel merupakan makanan pengganti "ngemil" yang cukup efektif.
Apel tidak menggemukkan kan? coba kalo ngemilnya roti...wahh...berat badan bisa melonjak teruss!!

Selain menjaga berat badan tidak naik drastis, apel pun berkhasiat untuk ibu hamil. Apel bisa membuat kulit janin menjadi bersih, kenyal dan halus karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalam apel. Apel pun memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena virus penyakit. Alhamdulillah sih, ini terasa...saat tidak mudah terserang flue dan batuk, padahal sedang musim penghujan dan banjir.

Kalo Kelapa Muda, selain memang hobi dengan buah ini, khasiatnya bisa membersihkan air ketuban serta menjaga kadar air ketuban di dalam perut. Kelapa muda saya konsumsi 1x dalam seminggu. 1 kelapa, saya bisa meminumnya 3x dalam sehari. Air kelapa muda pun memiliki kandungan elektrolit yang diperlukan oleh tubuh. Dampaknya memang akan sering buang air kecil, tapi ini malah baik untuk membersihkan kandung kemih...agar bisa buang air kecilnya banyak...dan lancar. kan pastinya yang hamil besar sering buang air kecil, sedikit-sedikit pulak! tentunya hal ini bisa dibantu dengan mengkonsumsi air kelapa muda.

Untuk kacang-kacangan, sebetulnya tidak hanya kacang ijo dan kacang dadap saja yang rajin saya konsumsi dalam 1,5 bulan terakhir ini. Saya berusaha untuk mengkonsumsi kacang merah, sedikit kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya. Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk janin. Saya kan jarang sekali makan daging sapi semenjak hamil ini. Malah, bisa dihitung dalam 8 bulan ini hanya beberapa kali memakan daging sapi. Tentunya sumber protein saya butuhkan untuk janin, dan kacang-kacangan merupakan pilihan yang tepat dan sehat ketimbang daging sapi.

Biasanya, 1/4 kacang ijo saya rebus semuanya tanpa gula. hari pertama, saya akan mengkonsumsinya 2 gelas yang diberi susu kental manis, sedikit saja. jika sudah bosan, airnya diminum langsung, dan kacangnya dibuat gorengan Danas Turi. enakkk loohhh!! dan kl sudah dalam bentuk gorengan, lebih cepat habisss biss!

Begitu pula dengan kacang dadap. saya pasti akan melahap kacangnya saat di rumah memasak sayur lodeh kacang dadap + kacang panjang. kacang dadap pun biasanya dibuat gorengan yang diberi santan. waahh...ini adalah gorengan yang paling terlezat setelah pisang goreng!

SUSU gimana? ooo tentu sajah saya selalu mengkonsumsinya setiap hari. bukan susu ibu hamil, tapi SUSU ULTRA JAYA yang low fat high calcium, tidak manis dan dingin tentunya :) dalam 1 hari, saya bisa meminum susu 1 - 3 gelas.

Baiklah, semoga berbagi pengalaman ini bisa bermanfaat untuk ibu-ibu hamil lainnya yang ingin mengetahui siapa saja yang mengkonsumsi apel dan alpukat setiap hari. dan itu adalah AKUUU! :D



Comments

Popular Posts