Berat turun 1 kg menjadi 62 kg setelah 5 hari stagnan di 63 kg

Yeaayy! Akhirnya berat turun juga di hari ke-16 diet!  Saya hampir frustasi sewaktu tgl 2 Mei tidak turun berat badan. Padahal saya memiliki target turun berat badan 1 kg setiap 2 hari. Hehehe...mustahil banget sih...yeah..namanya juga target. Kalo gak tercapai..tetep semangat.

Setiap hari saya menimbang badan. Bahkan sebenarnya...setiap saya keluar dari kamar mandi dan setiap masuk ruangan kantor...pasti selalu menimbang. Dalam 1 hari...saya bisa menimbang 10 kali. Timbangan buat saya bukanlah momok menakutkan. Timbangan sama pentingnya dgn baju-baju nge pas dan celana pendek yang akan selalu memberitahu saya bahwa ada banyak lemak yang harus saya buang di tubuh ini.

Setiap hari saya menimbang berat badan...dari tanggal 2 Mei hingga tanggal 6 Mei..berat masih saja di angka 63 kg (5 hari berat badan stagnan di angka 63 kg). Padahal gym terus dilakukan. Dan saya pun hny makan buah atau cemilan sedikit di siang hari (tanpa nasi. Cemilan: kerupuk nyemil lauk sedikit/sejumput yang ada di meja makan). Saya sudah tidak sarapan dan makan malam. 

Lantas saya googling mencari penyebab kenapa berat badan sulit turun selama 5 hari. Setelah membaca beberapa referensi.. akhirnya saya baru memahami tahapan proses tubuh menurunkan berat badan.  di bawah ini adalah tahapannya:

Tahap 1: Cairan yang keluar dari tubuh
Tahap 2: Glukosa dipakai tubuh sebagai kalori Tahap 3: jika glukosa habis, Glikogen dipakai tubuh sebagai kalori tubuh
Tahap 4: Lemak tubuh dipecah dan digunakan sebagai kalori

Nah saya berasumsi sendiri bahwa kenapa selama 5 hari tidak kunjung turun berat badan... karena lemak tubuhku sulit dipecah menjadi kalori. Jenis lemak ada berbagai macam.. nah bisa jadi lemak nya ini sangat alot. Dan di hari ke 16 diet.. berat badan saya akhirnya menjadi 62 kg. Berat badan 62 kg ini stabil dimulai dari saya bangun tidur hingga malam hari menimbang sebelum tidur.

Total berat badan saya turun selama 2 minggu lebih 2 hari (16 hari) adalah 5.5 kg.

Sebenarnya subuh ini tanggal 8 Mei 2015 saya agak sedikit bergembira. Saya menimbang berat badan.. berat turun 0.5 kg. Berat saya turun menjadi 61.5 kg. Tapi saya tidak langsung bergembira. Kita tunggu besok apakah bisa stabil atau tidak.

Oya..saya tentunya memenuhi asupan mineral dengan meminum air bermineral setiap hari. Air mineral ini sungguh terasa khasiatnya. tubuh tidak lelah meskipun tidak ada asupan makanan sama sekali. seperti biasa... di bawah ini adalah foto saya di berat 62 kg.



Comments

  1. Goo...GO...smangat mba anggi, saya jg kayanya mulai menggendut nih...baca ini jadi pengen diet juga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go go langsing, Sy pny bb awal 82kg Skrg 62kg... Semangattt

      Delete

Post a Comment

Popular Posts