Membuat Pancake Durian, Yummy!

Pertama kali menemukan Pancake Durian secara tak sengaja saat berbelanja di All Fresh Ambassador. Saat itu hanya membeli 2 pax saja. Rasanya pun belum tahu seperti apa (meskipun cara membuatnya pernah menonton di televisi (restoran Pancake Celebrity)).   Saat masuk mobil, saya langsung membuka box plastiknya dan langsung menggigitnya. Rasanya booo...enaakk!! setiap gigitannya, saya rasakan apa saja yang ada di dalam balutan kulit pancake itu. ternyata ada cream dan daging durian asli.  Harga per-pax nya masih 10.000 (sekarang 11.000).

Saat mampir ke Restoran durian di Permata Hijau, saya pun membeli pancake durian disana. 1 pax isinya 2 kue durian pancake. harganya 25.000. Rasanya? lebih enak yang di All Fresh.

Tentu saja rasa Pancake Durian membuat saya penasaran untuk membuatnya sendiri. Alhamdulillah berhasil. Di bawah ini cara membuatnya:

PANCAKE DURIAN

Kulit Pancake
150 gr Tepung Terigu
50 gr Tepung Sagu
30 gr Tepung Maizena
1 sdt Vanili
1/4 sdt garam
1 sdt Baking Powder
1 bh Telor
200 ml Susu cair
Air 300 ml 
(Semua bahan dicampur jadi satu. di mixer pelan dan sebentar saja sampai tidak menggumpal tepungnya. Setelah jadi. adonan didiamkan selama 10 menit)


Cream
200 gr Cream merk Anchor
6 sdm susu kental manis
(di Mixer sampai dengan 20 menit)

Daging Durian
Daging durian yang fresh, dihancurkan, jangan terlalu halus. jika kurang manis bisa ditambahkan susu kental manis sedikiiiittt saja.


Cara Membuatnya:
  • Adonan kulit pancake memang agak encer. Tujuannya saat dimasukkan ke dalam teflon, adonannya akan mengalir sendiri ke setiap sisi teflon. Oya. Teflonnya harus diberi pelumas mentega (bisa juga minyak sayur) dengan menggunakan koas. Sedikit saja ya...

    Sebaiknya mengambil adonan dengan menggunakan sendok sayur, agar takarannya sama. jangan terlalu tebal, tipis saja. 

    Tips:

    - 1 koas mentega di teflon bisa membuat 4 buah kulit pancake.
    - Saat membuat kulit pancake kesekian kalinya,  teflon akan panas. Sehingga saat akan memasukkan adonan ke teflon, teflonnya di angkat dijauhkan dari api. setelah adonannya rata, baru disimpan lagi di atas kompor/api.
  • Siapkan kulit pancake yang sudah jadi di atas piring yang lebar. masukkan 1/2 sdm cream di tengah kulitnya. setelah itu 1 sdm daging durian. bungkus.
  • Masukkan ke dalam kulkas, biarkan hingga dingin terlebih dahulu. Pancake durian ini lebih enak jika dimakan saat dingin.
Foto-foto prosesi pembuatan pancake nya ada di twitter saya: @ayankcantiq

Selamat mencoba! :)








Comments

  1. Mau donk dibawain pancake durian buatan anggi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bawain tapi tgl 23 akyu di traktir yaks :D

      Delete
  2. Pernah coba yg di bekasi? Pancake durian merek LEGIT (www.pancake-durian.com).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts